WELCOME | Login or Register SEARCH

Golongan Darah (2)

Bagaimanakah golongan darah ABO diturunkan dalam keluarga?

Golongan darah ABO diatur oleh dua gen (alel) isoaglutinogen yang berinteraksi satu sama lain. Golongan darah yang dapat diperiksa merupakan fenotipe, sedangkan dua alel yang mengaturnya adalah genotip. Antigen A dan B bersifat kodominan, artinya keberadaan kedua antigen tersebut sama-sama bersifat dominan terhadap tidak adanya antigen (O). Golongan darah A mungkin memiliki genotip AA atau AO. Demikian juga B, mungkin memiliki genotipe BB atau BO. Sedangkan O pasti memiliki genotipe OO dan AB memiliki genotipe AB.

Golongan darah diturunkan dengan persilangan genetik Mendel. Peluang golongan darah anak dilihat dari golongan darah kedua orangtuanya dapat dilihat pada tabel berikut.

Golongan darah orang tua

Golongan darah anak

Ortu I

Ortu II

O

A

B

AB

O

O

+

-

-

-

O

A

+

+

-

-

O

B

+

-

+

-

O

AB

-

+

+

-

A

A

+

+

-

-

A

B

+

+

+

+

A

AB

-

+

+

+

B

B

+

-

+

-

B

AB

-

+

+

+

AB

AB

-

+

+

+

Dari tabel di atas terlihat bahwa orang tua AB tidak mungkin memiliki anak dengan golongan darah O!

 

Bagaimanakah golongan darah Rh diturunkan dalam keluarga?

Fenotipe golongan darah Rh diatur oleh tiga pasang gen, yang diberi kode C/c, D/d, dan E/e. Gen yang berperan adalah kode D/d. Hanya genotipe d/d yang memberikan fenotipe Rh negatif, sedangkan genotipe D/D dan D/d memberikan fenotipe Rh positif. Faktor Rh juga diturunkan lewat persilangan genetik Mendel. Dua orang tua dengan Rh positif heterozigot mungkin memiliki anak dengan Rh negatif. Sedangkan wanita Rh negatif dapat memiliki anak Rh positif dengan pria Rh positif homozigot.

 

Apakah perbedaan ras dapat mempengaruhi distribusi golongan darah?

Benar. Memang golongan darah ABO, baik itu Rh (+) maupun Rh (-), umumnya terdistribusi dengan golongan darah O paling dominan, diikuti golongan darah A, B, dan terakhir golongan darah AB paling tidak umum. Namun distribusi ini bervariasi jika ditinjau antarbangsa. Di kalangan orang Asia dan Afrika golongan arah Rh (-) sangat tidak umum (kurang dari 1%), sedangkan pada bangsa Basque (di Spanyol dan Prancis) populasi dengan Rh (-) mencapai 35%. Bangsa Eropa lain rata-rata memiliki populasi Rh (-) 15%. Di Turki dan Norwegia golongan darah A lebih banyak daripada O.

 

sumber : http://hnz11.wordpress.com/