WELCOME | Login or Register SEARCH

Sebelum Menikah, Kenali Dulu Rhesus untuk Keturunan

 

Sebelum Menikah, Kenali Dulu Rhesus untuk Keturunan
Afifuddin Acal | The Globe Journal
Minggu, 01 Juli 2012 14:30 WIB

Banda Aceh - Ini hanya saran untuk calon Pasutri yang ingin melangsungkan kejenjang pernikahan. Ada baiknya saat memilih Istri atau suami jangan hanya mengandalkan cinta semata. Akan tetapi juga harus dikenali lebih awal menyangkut dengan Rhesus dan golongan darah.
Rhesus merupakan sistem penggolongan darah. Sama seperti misalnya golongan A, B, AB dan O. Sedangkan Rhesus itu ada dua macam, yaitu Positif dan Negatif. Bila ingin mengetahui apakah Rhesus negative atau Positif, maka segera berkonsultasi pada dokter.

"Kalau mau menikah, jangan asal cinta saja, terus buru-buru nikah tanpa mengetahui golongan darah masing-masing", ungkap dr. Natalina Crinstanto Koordinator Wilyah Aceh-Sumut Rhesus Negatif Indonesia Minggu (1/7).

Bila calon Pasutri tidak memperhatikan Rhesus akan sangat berpengaruh rentannya pada kehamilan Ibu, dan anak pun akan sangat rentan terserang Anemia. "Pengaruhnya jika suami Rh+ dan Istri Rh-, kemudian hamil dan bayi ikut Rh ayah. Jadi, hamil pertama tidak masalah, namun bermasalah ketika hamil berikutnya," jelas Natalina.

Oleh karenanya, ajak Natalina, sebelum menikah akan lebih baik untuk memeriksa Rhesusnya pasangan masing-masing terlebih dahulu pada dokter.

Tegasnya kembali, silakan konseling pranikah apabila pasangannya mempunyai rhesus negatif. Kemudian dengan sudah mengetahui kondisi Rhesus, bila wanita Rh-, maka kehamilannya harus dipantau ketat kondisi ibu dan janinnya.

Banyak kisah yang terjadi ditengah-tengah masyarakat akibat dari Rhesus tersebut. Kisah yang mengharukan ketika seorang wanita Rh-, kemudian terpaksa harus rela divonis tidak bisa punya anak lagi karena Rhesusnya.

"Di Aceh sendiri dengan jumlah penduduk 4 juta orang, sampai hari ini sudah tercatat oleh saya ada 32 orang yang punya Rh-," jelas Natalina kembali.

Persoalan kemudian bila ini terjadi, ungkap Natalina lagi, kalau salah satu diantara mereka butuh transfusi darah, betapa sulitnya untuk mencari yang cocok. Ditambah lagi bila seorang bayi lahir dari seorang Ibu Rh-, kemudian harus menyelamatkan bayi dengan membutuhkan darah Rh-, kemana harus dicari?

Oleh karenanya, saran Natalina, sebelum menikah alangkah lebih baik saling kenali terlebih dahulu golongan darahnya dan Rhesus masing-masing.

 

http://theglobejournal.com/kesehatan/sebelum-menikah-kenali-dulu-rhesus-untuk-keturunan/index.php